125x125 Ads

jasa keamanan jasa pengamanan jasa satpam jasa security outsourcing security pendidikan satpam perusahaan satpam SOP satpam seragam satpam
Home » » PR24 (Tongkat T/Tonfa)

PR24 (Tongkat T/Tonfa)

PR24 atau Tongkat T atau Tonfa adalah jenis senjata tongkat berasal dari Okinawa Kuno, berbentuk sederhana, tongkat lurus dengan pegangan tegak lurus dekat salah satu ujungnya, yang pada akhirnya berkembang menjadi senjata dalam beladiri selama berabad-abad. Alat ini sering kita lihat tergantung pada pinggang para aparat kepolisian yang sedang bertugas mengatur lalu lintas, yang melakukan pengamanan demonstrasi ataupun yang menangani kerusuhan. Dan pada saat ini, kita juga bisa melihat bahwa alat ini digunakan oleh Satpam/Satuan Pengamanan/Security Guard dalam melaksanakan tugas pengamanan.

Sebenarnya PR24 atau Tongkat T atau Tonfa adalah pegangan kayu yang terdapat pada sisi gilingan atau bagian dari kekang kayu pada kuda, yang dapat dengan mudah dilepaskan dan dipasang kembali. Alat inilah kemudian dikembangkan menjadi senjata saat petani-petani Jepang dilarang menggunakan senjata tradisional mereka seperti samurai.

Teknik penggunaan PR24 atau Tongkat T atau Tonfa di Indonesia dikembangkan oleh Brigadir Jenderal Polisi Drs. DPM Sitompul, SH, MH (salah satu guru besar Ju-Jitsu Indonesia) dan dijadikan peralatan anggota POLRI pada tahun 1999. Pada bulan Maret 2003 merespon permintaan Pusat Pendidikan Tugas Umum POLRI (Pusdik Gasum) Porong - Jawa Timur, maka teknik penggunaannya digali dan dikembangkan kembali oleh Pengurus Daerah Institut Ju-Jitsu Indonesia Jawa Timur. Dari studi pengembangan ini dihasilkan metode pembelajaran teknik penggunaan PR24 atau Tongkat T atau Tonfa, yaitu gerakan dasar (teknik dasar, pukulan, tangkisan, kuncian) yang dimaksudkan untuk memudahkan latihan dan pengembangannya. Selanjutnya atas permintaan Panitia Peringatan HUT POLRI ke-57 Tahun 2003, disusun rangkaian gerakan, yaitu Kata-I, Kata-II, dan Kata-III, dan beberapa teknik aplikasi.

BAGIAN-BAGIAN PR24 (Tongkat-T/TONFA)

Adapun bagian-bagian PR24 (Tongkat-T/Tonfa) terdiri atas handle, long end, short end, dan knop. Berikut adalah penjelasan istilah-istilah tersebut :
  1. Handle (Pegangan) adalah bagian yang tegak lurus dengan masing-masing ujung tongkat (membentuk sudut 90 derajat). Sesuai dengan namanya, maka fungsi utama handle adalah untuk pegangan.
  2. Long End adalah bagian batang tongkat yang panjang (diukur dari titik temu pada pangkal handle sampai ujung tongkat). Bagian ini paling banyak digunakan dalam pembelaan diri, baik untuk menangkis maupun untuk melakukan penyerangan.
  3. Short End adalah bagian batang tongkat yang pendek. Meski tidak sebanyak bagian Long End bagian ini sering juga digunakan untuk melakukan tangkisan atau serangan. Jika dibandingkan dengan Long End, bagian ini masih lebih memungkinkan digunakan untuk pegangan. Meski demikian pegangan pada handle adalah yang paling utama karena paling efektif dan efisien.
  4. Knop adalah bagian tongkat yang berbentuk agak bulat (setengah bulat/berupa benjolan) yang terletak pada ujung handle. Fungsi sebenarnya adalah untuk penahan agar pegangan tangan pada tongkat (handle) tidak mudah lepas. Walau demikian dari hasil studi pengembangan oleh IJI Pengda Jatim, knop dapat juga digunakan untuk melakukan penyerangan.


0 comments:

Post a Comment

 

01 Agustus 2010 • SATPAM GAUL | Jasa Security Keamanan Satpam Pengamanan • Design by Joas Duma